Kamis, 14 November 2013

GPS (Global Positioning System)


Salah satu perkembangan telematika adalah GPS. Di sini saya akan membahas sedikit mengenai GPS. Kita sering mendengar kata GPS dan bahkan menggunakannya untuk mengetahui sebuah lokasi atau melacak keberadaan seseorang. GPS sendiri merupakan singkatan dari Global Positioning System). GPS adalah sistem satelit yang memberikan posisi Anda di mana \pun Anda berada di dunia ini. 
GPS sebenarnya adalah proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang memberinya nama resmi NAVSTAR (NAVigation Satellite Timing And Ranging). Bagian utama dari sistem GPS adalah 24 satelit yang mengorbit Bumi di ketinggian 20.200 kilometer.
Manfaat GPS sendiri begitu banyak, seperti untuk bidang militer, navigasi, sistem informasi geografis, pelacak kendaraan, dan lain-lain. Saya sendiri lebih sering menggunakan GPS sebagai navigasi. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi GPS untuk alat bantu navigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untukmemandu pengendara., sehingga kita sebagai pengendara dapat mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar