Rabu, 25 Desember 2013

penggunaan multimedia di kehidupan sehari hari

Sudah kita ketahui bersama bahwa penggunaan multimedia pada saat ini sangat bermanfaat dan membantu kita dalam mengatasi masalah dan memudahkan proses pembelajaran. Gabungan teks, grafik, audio, video dan animasi menjadikan daya tarik sendiri dalam dunia multimedia.
Sebagai contoh multimedia dalam dunia pendidikan, seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah menjelaskan dan siswa pun dapat dengan mudah memahami konsep yang ingin disampaikan oleh guru.
Dalam mengajar sistem pencernaan manusia misalnya guru boleh menggunakan teks, grafik dan animasi bagi menunjukkan apa yang berlaku kepada makanan yang dimakan oleh seseorang bermula daripada makanan itu dimasukkan ke dalam mulut sehinggalah diserap ke dinding usus dan bahan buangan dikeluarkan dari badan melalui saluran pembuangan (anus), dalam hal ini guru tidak perlu susah payah menerangkan atau menggambar di papan tulis seluruh organ manusia yang berhubungan dengan proses pencernaan, cukup dengan menggambil gambar dari layanan internet lalu mempresentasikan kepada siswa atau siswi dikelas.
Lalu contoh penerapan multimedia dalam dunia perniagaan, Multimedia digunakan di dalam perniagaan seperti persembahan (presentation),latihan, pemasaran, demonstrasi produk, katalog produk dan komunikasi di dalam rangkaian. Persembahan multimedia pada masa kini dapat memberi minat kepada pendengar dengan mencantumkan unsur animasi, audio dan klip video dalam satu persembahan berbanding menggunakan slide dan overhead projektor yang hanya dapat menggunakan unsur teks dan grafik saja.

Masih banyak lagi pengaruh dan pemanfaatan multimedia dalam kehidupan sehari - hari, intinya penerapan multimedia sangat membantu kerja manusia dalam berbagai macam bidang sehingga menghasilkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar